Sejarah Singkat

Madrasah Aliyah (MA) Al-Inayah Kota Bandung merupakan sebuah lembaga pendidikan formal sederajat SMA yang bercirikan Khas Islam. MA Al-Inayah lahir dan didukung oleh anggota masyarakat, baik masyarakat daerah MA Al-Inayah Kota Bandung maupun daerah lain, dibawah naungan lembaga pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Al-Inayah Kota Bandung.

Pelopor berdirinya lembaga berciri khas islam ini adalah K.H Toha Syihabudin (alm) yang pada saat itu merupakan pimpinan pondok pesantren dan Prof. Dr. H Dede Nurjaman, M.A. saat itu beliau adalah santri dan mahasiswa jurusan Bahasa Arab IKIP, sekarang telah menadi Guru Besar UPI Bandung, Direktur STAI AT-Taqwa Kota Bandung, dan Direktur Pascasarjana IAID Ciamis. Lembaga ini didirikan dengan memperhatikan kebutuhan dan kondisi masyrakat pada saat itu yang tidak bisa lepas dari pengaruh negatif kemajuan zaman. Sejak awal berdirinya, MA Al-Inayah Kota Bandung tiada henti berpacu dengan waktu, terus berinovasi dalam berbagai aspek demi menjawab kepercayaan masyarakat yang begitu tinggi terhadapa keberadaan MA Al-Inayah Kota Bandung.

Perkembangan yang terjadi tidak membuat kami pengelola pendidikan tutup mata terhadap kekurangan-kekurangan. Kami berusaha menciptakan hari hari kedepan bisa lebih baikdan lebih berkualitas. Semua dilakukan demi meningkatkan peran keberadaan madrasah di masyarakat, terutama berkaitan dengan tujuan menyukseskan progrma wajib belajar sembilan tahun sebagaimana yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Akhirnya kami hanya bisa berdoa semoga niat baik ini mendapat ridho dari Alloh SWT, Aamiin….